Senin, 10 Oktober 2016

Simak Wawancara dengan Mahasiswa Lulusan Cum Laude Asal Sumsel Ini

~Selamat siang yuk tiara. Hari ini kami dari Divisi Humas ingin bertanya kpd ayuk seputar dunia kampus dan organisasi. Boleh sedikit diceritakan dulu, ayuk dulu menempuh studi dimana, jurusan apa dan dalam waktu berapa lama?
Selamat siang juga. Baik, ayuk menempuh studi terakhir (berharap melanjutkan) di prodi Sosiologi di Universitas Bangka Belitung dalam waktu alhamdulillah 3 (tiga) tahun 9 (sembilan) bulan.

~Oke, boleh sedikit diceritakan organisasi-organisasi apa yg ayuk ikuti selama kuliah di UBB, baik organisasi internal maupun eksternal?
Kalau organisasi sendiri sebenarnya tidak banyak.. Description: 🙂
Cuma organisasi internal kampus. Pernah aktif di BEM FISIP, menjabat sebagai Kepala Divisi Informasi dan Komunikasi, satunya di organisasi Lembaga Pers Mahasiswa. Saat itu, LPM sendiri baru mulai bangun dari masa "tidur panjang" sehingga bisa dibilang merintis ulang kembali organisasi tersebut. Untuk menghidupkan kembali organisasi tersebut, saya dan beberapa anggota lainnya mencoba menerbitkan Tabloid bernama Kritma. Saat itu saya dipercaya sebagai editor berita.

~Lalu, strategi apa yang ayuk lakukan dalam menjalankan kuliah, mengerjakan tugas-tugas dari dosen & sekaligus aktif organisasi?
Fokus pada tujuan utama. Tujuan utama saya adalah kuliah dan menyelesaikan studi sesegera mungkin, sedangkan organisasi adalah wadah kita mengasah kepemimpinan, keberanian, tanggungjawab, bersosialisasi, mendapatkan banyak relasi dan pengalaman, dan meningkatkan percaya diri. Antara kuliah dan organisasi harus berjalan beriringan, tetapi tujuan utama harus berada setingkat lebih tinggi dari organisasi. Ada banyak orang yang keliru dalam menentukan tujuan utama, sehingga organisasi mendapatkan fokus yang lebih dibandingkan studi, dan akhirnya studi menjadi terabaikan. Jika tujuan utama kita adalah kuliah dan menyelesaikan studi, maka kita bisa memilah mana yang harus dikerjakan, tetapi kuncinya antara kuliah dan organisasi keduanya membutuhkan tanggungjawab.

Super sekali. Terakhir,
~apa kata motivasi yang selalu ayuk pegang teguh selama ini dan menjadi penyemangat dalam melakukan segala aktivitas?

Description: 😀hmm.. motivasi..
Saya tidak bisa merangkai kata motivasi yang selama ini menjadi penyemangat saya, tetapi didalam pikiran ini selalu mengingatkan bahwa kenangan pahit saat menjelang UN SMA, dilanda kegalauan sepanjang hari, memikirkan bagaimana caranya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, mengingat saya bukan berasal dari keluarga yang mampu, saya tidak ingin sekolah hanya sampai SMA, saya tidak ingin menetap di desa dan akhirnya menikah dan bekerja di sawah. Saya ingin merubah nasib, minimal saya tidak harus berendam tanah lumpur untuk menanam padi, hehehe
Mendapat kesempatan kuliah gratis hingga selesai adalah kesempatan luar biasa yang diberikan Allah kepada saya, dan saya harus mensyukuri itu dengan cara saya harus bersungguh-sungguh dan membuktikan bahwa saya bisa meski di negeri rantauan. Yang saya ingat adalah segala sesuatu yang saya lakukan tidak boleh mengecewakan keluarga.

Profil Narasumber :
Nama lengkap : Tiara Arnestiani Aprilia Perdana
Nama panggilan : Tiara
Tempat tanggal lahir : Rantau Bayur (Banyuasin), 30 April 1993
Alamat : Jl. Ahmad Yani No.628A Sungai Liat, Bangka Belitung Indonesia 33215
IPK : 3,67 (penerima beasiswa Bidik Misi)
Anggota HIMASRI BABEL tahun 2012-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar